Minggu, 25 Januari 2015

Power Class D


KIT POWER AMPLIFIER CLASS D 200 WATT

Kit power amplifier Class D ini sangat kompak dengan ukuran kit P=11 cm, L=6.5 cm, T=4 cm. Dengan ukuran yang kompak kit ini dapat dirakit di dalam box ukuran kecil 2U (tinggi +/- 8.75 cm) dan dapat disuplai dengan menggunakan SMPS 45V sehingga tampak kecil tetapi berdaya besar.[ cabe rawit ]
Hal yang harus diperhatikan dalam merakit kit Class D (200D) adalah sistem pengkabelan dan ukuran kabel. Kabel dari power suplai menuju kit class D harus digunakan ukuran minimal 0.75 mm. Kabel dengan ukuran kecil dan koneksi yang kurang baik berakibat performancenya kurang bagus dan kemungkinan timbul noise atau hum. Gunakan kabel sinyal input (kabel head) kualitas bagus. Class D sangat peka terhadap sinyal input yang terdistorsi.
Bila dirakit dalam formasi stereo, masing-masing ground pada PCB chanel kiri dan kanan harus disambung dan ground pada socket input chanel kanan dan kiri juga harus disambung. Hal ini untuk menghilangkan noise atau hum.
Class D sangat terkenal dengan efisiensi tinggi di atas 85% sehingga pada pengoperasian beban penuh sekalipun heat sink tidak panas. Tidak perlu ditambah (ekstra) heat sink. Hal ini berbeda dengan power amplifier class AB yang membutuhkan heat sink besar karena disipasi panas dari transistor final sangat besar.
Pada pengoperasian class D yang harus diperhatikan adalah power amplifier ini sangat peka terhadap sinyal input. Untuk itu input power amplifier ini harus selalu dipasang potensio meter. Potensio meter yang disarankan adalah 50K. Pada keadaan tanpa speaker (beban), posisi potensio meter harus selalu pada posisi nol (minimum). Hal ini juga berlaku bila dipasang tone control.
Bila power amplifier class D tidak tersambung dengan beban speaker namun volume input besar, jika terdapat noise frekuensi tinggi (di atas 20 KHz) oleh rangkaian akan dianggap sinyal input sehingga terjadi penguatan yang tidak terkendali lagi atau induksi load yang mana akan menyebabkan mosfet on-off secara liar (seperti short antara + dan -). Mosfet menjadi sangat panas dan akhirnya mati/rusak.
Pada perakitan class D disarankan untuk menggunakan speaker protector.

Price : Call

Tidak ada komentar:

Posting Komentar